Sabtu, 05 Januari 2013

Pengaruh Kasih Sayang Ibu terhadap Otak Anak


Sudah seharusnya orang tua mengasihi buah hatinya dengan sepenuh hati. Kasih sayang dari orang tua tidak hanya membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia, namun juga ternyata dapat mempengaruhi otak anak, yakni ukuran otaknya akan lebih besar. Sebuah pemindaian yang di lakukan anak berusia 3 tahun membuktikan hal terebut.Anak yang mendaapatkan kasih saying dari ibunya secara signifikan mempunyai otak kiri yang lebih besar dan lebih bersih dari bintik-bintik hitam di bandingkan sama anak yang tiak cukup mendapatkan kasih sayang bahkan diabaikan oleh ibunya. Hal ini juga berlaku pada otak kananya.
Pengaruh Kasih Sayang Ibu terhadap Otak Anak
Bila dilihat sepintas, hasil pemindaian menunjukan otak kanan anak seperti habis mengalami sakit atau kecelakan, padahal anak hanya tidak mendapat kasih sayang, pengabaian, bahkan penyiksaan dari orang tuanya.
Sebaliknya hasil pemindaian menunjukan otak anak lebih besar dan berkembang baik, mengindikasikan bahwa si anak mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari ibunya dan di besarkan di lingkungan yang penuh cinta.
Anak yang otaknya mengalami penyusutan akan mengalami kesusahan dalam peekembangan mentalnya. Selain itu dia cenderung rentang mengalami gangguan kesehatanya. Menurut Profesor Allan Schore daru UCLA,  los angeles, bayi sangat tergantung pada ibunya dalam perkembangan otak yang sehat di awal dua tahun pertama kehidupanya di dunia. Dia mengatakan kurang dari 80% sel-sel otak akan tumbuh pada dua tahun pertama di kehidupanya. Bila pada masa ini otak tidak berkembang dengan baik,maka hal itu sangat sulit di benahi pada masa mendatang.  Mengabaikan tumbuh kembang bayi menyebabkan kerusakan otak hingga permanen, akibat dari tidak berkembangnya otak secara optimal.
Penelitian ini tidak berdiri sendiri. Penelitian lain oleh Washington university school medicine, st Louis, juga menunjukan hal yang sama. Anak-anak yang mendapatkan kasih sayang dari orang tua cenderung mempunyai HIPPOCAMPUS yang lebih besar. HIPPOCAMPUS adalah inti dari struktur  otak yang penting untuk proses mengingat, proses belajar, dan merespon stress. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa si anak lebih pintar.

Oleh karenya, bagi para orang tua jika anda menginginkan anak anda bertumbuh kembang dengan optimal. Berilah kasih sayang yang cukup padanya ciptaan kebahagiaan sejak kecil (bayi) agar mereka dapat tumbuh menjadi anak yang pinter dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

detik.News